Otak-Atik Zul-Yanto*
- Thursday, April 24, 2008, 17:33
- politik
- 716 views
- 39 comments
SORE ini, saya senyum-senyum sendiri membaca opini Zul-Yanto, Hade ‘Part Two? yang ditulis Adian Saputra di Lampung Post (24/4). Soalnya, mau ketawa-ketawa atawa marah-marah tidak pada tempatnya. Untung ada seruit.com, sehingga saya bisa melepas sedikit uneg-uneg tentang tulisan ini.
Ya, saya tulis di seruit.com dan tidak di harian yang bersangkutan, soalnya saya tidak mau terlalu serius (seserius Adian yang menulis opini itu kali?). Selain tulisan ini tidak terlalu ilmiah, dengan menulis di dunia maya, tidak perlu terlalu lama menunggu dimuat. (Gitu kan, Bah Oryza?)
Dalam tulisan itu, Adian agaknya cuma meneruskan pemikiran orang-orang PAN dan PKS di Lampung: Kemenangan duet Hade di Jawa Barat menginspirasi semua elemen PKS Lampung untuk meraih kemenangan dalam pilkadal Lampung.
Mari kita analisis, kata Adian. Saya menunggu kalau-kalau analisis Adian ‘tajam dan tepercaya’ kayak slogan salah satu acara berita tivi.
Tapi, apa yang terjadi? Adian — dengan menyoroti tiga hal, yaitu partai sama (PKS-PAN), orang muda, dan program — sampai pada apa yang saya katakan tadi, Zul-Yanto di Lampung mirip Hade di Jabar dan karena itu bisa menang. Cuma, di ujung tulisan Adian wanti-wanti berwasiat agar PKS-PAN Lampung mawas diri.
Artikel yang sesuai dengan harapan PKS dan PAN Lampung!
Hhhh…
Saya menghembuskan nafas panjang membaca ini. Sebelumnya, saya tegas-tegas menyatakan lima pasang calon Gubernur-Wakil Gubernur Lampung yang disodorkan partai politik di Lampung sebagai ‘musibah’ bagi demokrasi Lampung. Kelima-limanya — terpaksa saya sebutkan lagi — basi dan karatan.
Dari sudut pandang apa pun, Zulkifli Anwar-Akhmadi Sumaryanto (Zul-Yanto), calon PKS-PAN Lampung tidak akan sama dengan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade), calon PKS-PAN Jawa Barat. Sesungguhnya, kembali mengutip Syarief Makhya, kandidat Gubernur-Wakil Gubernur Lampung yang dicalonkan partai-partai politik di Lampung homogen. Dengan kata lain, lima pasang calon partai di Lampung ’sama dan sebangun’. Kalau tidak tua, incumbent (bupati yang nyalon juga incumbent), dan pensiunan; calon itu muda tapi tidak dikenal. (Wong Dede Yusuf itu muda dan ngganteng. Aktor! La, calon PKS-PAN Lampung?)
Jadi, Zul-Yanto bisa kayak Hade? Jauuuuuuuuuuuuuh….
Makanya, saya kemaren-kemaren pengen ada calon alternatif: seorang pakar (pensiunan juga nggak apa) dan seorang anak muda yang revolusioner. Tapi, entahlah kayaknya orang Lampung nggak pengen dipimpin orang pintar (yang nggak minterin) dan mampu membangun demokrasi secara benar.
Gitu geh Adian! (salam tiram jak jaoh yu Yan!)
* Teringat Otak-Atik Oemarsono, Laporan Utama edisi perdana Sumatera Post, Januari 1999
About the Author
39 Comments on “Otak-Atik Zul-Yanto*”
Trackbacks
Berikan Tanggapan
Photo Profile pada Komentar menggunakan gravatar silahkan daftarkan e-mail anda terlebih, gratis kok :D !

25 April, 2008, 9:34 |
betul do… sangat naif kalo menyamakan jabar dengan lampung.. profiling kandidat, karakter parpol & karakter masyarakatnya sangat jauh beda.. mana nih kandidat yg segar..
25 April, 2008, 13:00 |
betul do, sangat jauh membandingkan pks lampung dengan jabar, juga sangat sulit membandingkan Zul-yanto HADE
1. Zul adalah bupati lamsel yang tidak diketahui keberhasilan apa selama memimpin lamsel, lihat kondisi bakauheni dan jalan panjang-bakauheni
2. zul adalah kader partai lama (saya lupa golkar apa pdip
3. yanto tidak dikenal dan tidak populis
4. kredibilitas pks lampung masih “diragukan”, masih mau koalisi dengan PDI P (partai lama yang tidak reformis), banyak main politik aman d dprd
5. zul-yanto tidak diunggulkan di kancah pilkada
6. zul tidak terbukti yanto tida teruji
jadi apakah masih sama dengan HADE?
1 May, 2008, 13:50 |
Mau urun rembug soal Zul- Yanto, pada saat PILGUB di SUMUT komentarnya mirip dengan rekan2 sebelumnya bahwa fenomena HADE beda dengan SAMPURNO yang diusung PKS…tapi ternyata hasilnya semua orang tau!
Kini PILGUB Lampung, banyak juga yang berkomentar bahwa Fenomena HADE beda dengan Lampung, OK, tapi Fenomena Zul-Yanto mirip dengan SAMPURNO… Jadi saya punya keyakinan Zulyanto akan unggul dibandingkan kandidat2 lain…yang tidak memiliki fenomena apa2…InsyaAllah.
1 May, 2008, 17:43 |
hihii… semoga bukan org pks/PAN, TS zul-yanto atawa paling tidak bukan pendukung zul-yanto. kalo memang betul kayak gitu; tak perlu kita berdebat. sebab apa pun argumennya jawabnya sama: zul-yanto menang dalam pilkada Lampung.
keyakinan sih siapa yang larang.
mungkin lupa saya tulis bahwa zul-yanto juga nggak sama dengan sampurno di sumut.
14 May, 2008, 9:56 |
betul saya setuju pendapat saudara, bahwa cagub dan cawagub lampung yang keluar hanya itu-itu lagi, apa ga ada calon lain yea? yang lebih pintar gitu lo yang lebih berani mengambil keputusan n lebih bersih n anti korup.
3 June, 2008, 6:40 |
seru juga persoalan kepemimpinan lampung yang di “otak-atik” sama udo z. karzai khususnya yang berkaitan dengan tulisannya adian, tapi jangan-jangan “z” nya : zul, makanya di singkat aja jadi “z”, hehehe.
tapi khusus aku, pngen koment ke otak-atiknya udo. aku kutip dulu otak-atiknya:
“Makanya, saya kemaren-kemaren pengen ada calon alternatif: seorang pakar (pensiunan juga nggak apa) dan seorang anak muda yang revolusioner. Tapi, entahlah kayaknya orang Lampung nggak pengen dipimpin orang pintar (yang nggak minterin) dan mampu membangun demokrasi secara benar”.
dari situ kayaknya sih udo punya calon sendiri. yaitu calon ALTERNATIF, artinya: independent. cirinya seorang PAKAR, artinya bisa guru besar, professor, ilmiah dsb. nah dari calon yang ada yang ilmiah, pakar, professor siapa hayo? yup betulz “MU”. ciri berikutnya, seorang MUDA REVOLUSIONER, kyak-kayaknya sih mantan aktivis mahasiswa 98, prodem, ya ga udo…hehehe. he is “AA”.
jadi kemungkinan besar udo dah punya calon “MU” dan “AA”, dan kebetulan beliau-beliau ini independent. ya khan…
semoga Allah membuka mata-hati dan pikiran kita. tidak ada manusia yang sempurna. tidak ada calon pemimpn yang seperti malaikat: bebas dosa dan salah.
terakhir, thengkyuw sudah diberikan ruang ekspresi…
wassalamu’alaikum wb. wb
4 June, 2008, 1:07 |
hihii… yg sebenarnya. saya nggak punya calon.
tulisan pertama dicari: calon alternatif yg saya tujukan secara khusus kepada muhajir utomo dan andi arief dimaksudkan untuk mendorong lahirnya calon independen untuk pilkada lampung.
dan, saya bisa bernapas lega. terlepas bisa menang atau kalah, lampung kini punya calon independen, meski dengan kelemahan di sana sini; meskipun saya juga mau bilang: 7 pasang calon yg ada sekarang relatif homogen. sama saja. tidak ada yang benar-benar alternatif.
betul. pilkada memang tidak memilih malaikat. kita memilih manusia-manusia biasa. tetapi tetap saja ada ukuran-ukuran universal tentang kepemimpinan. masalahnya: bagaimana kita memilih pemimpin yang baik, terbaik, dan menebar kebajikan.
4 June, 2008, 7:22 |
Nah, MU dan AA sudah mencalonkan diri tuh.. gara2 disemangatin udo tuh.. hehe
30 June, 2008, 21:41 |
Sebenarnya sah-sah saja orang punya pendapat…….
Yang penting harus objektif dan punya dasar….
Jangan fanatik buta alias tutup mata dari melihat calon-calon yang ada!
Kebetulan neeh…… sekali lagi kebetulan…….aku ini pendatang di Lampung yang kebetulan lagi PNS jadi kudu netral dong…………….
Tapi ga ada salahnya ngasih masukan sama para CALON PEMILIH, agar nantinya TIDAK SALAH PILIH.
1. Pilih calon gubernur yang tidak memilik masalah dalam rumah tangga, artinya, kalau mimpin satu orang (istri + anak-anak) saja belum becus……. bagaimana mau memimpin orang se-Lampung booo…………
2. Jangan milih yang suka konflik dengan pasangan……… nanti ga sempat mimpin Lampung…….waktu habis buat konflik doang!
3. Jangan pula seperti membeli kucing dalam karung alias memilih orang-orang yang belum ketahuan kiprahnya…. nanti cuma punya harapan doang…..cari yang ini itulah yang katanya anti korupsi tapi sebenarnya karena belum ada kesempatan saja……..(maaf….barangkali aku salah)
4. Nah, dari calon-calon yang ada……. terbukti yang paling bersih memang ada, dan kebelutan didukung oleh partai yang bersih juga.
2 July, 2008, 23:17 |
Yeah….menghibur diri bolehlah….Tapi menyama-nyamakan Zul-Yanto dengan Hade menurutku kok kejauhan. Kayak bumi dengan langit gicu
Dede Yusuf jelas sulit dicari belangnya di mata publik karena dia belum kedengaran pernah korupsi. So, dia amat dikenal para ibu2 yang pada awal 90-an mungkin masih gadis dan menggandrungi aksi Dede di sinetron…
Tapi ya memang bisa jadi Zul-Yanto akan menang. Bukan karena mirip kasus Hade di Jabar karena orang Indonesia (juga Lampung) pelupa…
Ya, kita bangsa pelupa, bangsa wagu…..
3 July, 2008, 5:26 |
ya saya…….yuuukk kita dukung aja
12 July, 2008, 17:22 |
yahh untuk semua komentar itu……….. tidak terkait pro atau kontra yang jelas kita semua harus lihat harapan masyarakat yang sangat besar dengan pasangan yang diusung PKS – PAN (walaupun belum terbukti dan teruji). dan saya yakin harapan anda semua yang berkomentar di atas pasti yakin kalau zul-yanto lebih baik dari 6 calon yang lain. Gak perlu dijabarkan kan kekurangan calon yang lain ???
Salam
22 July, 2008, 0:02 |
PiLkada Lampung dah bentar Lagi nehh…
Sebagai mahasiswa sudah semestinya saya bisa membedakan yang benar dan yang saLah atau memberikan ceck and baLance..
Berargumen itu boLeh saJa kan.??
Tapi argumen itu masih bisa dipatahkan kan.??
Tapi if fact say, every body keep siLent..
Saya yakin anda Juga sudah dapat membedakan mana yang benar dan yang saLah..
Mungkin karena Cagub-Cawagub memiLiki hubungan emosionaL (KeLuarga, Kerabat atau TS) dengan anda, LaLu anda reLa memberikan argumen yang bersifat mempengaruhi keputusan caLon pemiLih Lain dan maLahan bersifat menJatuhkan Cagub-Cawagub Lain..
Mungkin benar kaLo mahasiswa tuh masih berfikir ideaLisme dan beLum berfikir reaListis tapi masa seh kita mereLakan Bumi Ruwai Jurai kita dipimpin dengan pemimpin yang arogan, berfikir pragmatis dan tidak berdedikasi serta berkompeten dibidang pemerintahan..
Saran saya :
1. WaLaupun daLam UUD `45 berpendapat atau berargumen itu diboLehkan, tetapi kita sudah seharusnya menJunJung etika karena kita warga negara yang bermoraL..
2. WaLaupun memberikan kritik itu baik, tetapi sudah seharusnya kita memberikan kritik yang sifatnya membangun bukan yang sifatnya menJatuhkan Lawan..
3. PiLih Lah Cagub-Cawagub yang menurut anaLisis anda paLing tepat (Insya ALLah) untuk memerintah Propinsi Lampung..
4. Setiap Warga Negara mendapatkan hak piLih satu kaLi, maka gunakan Lah sebaik mungkin..!!!
WaLau pun saat ini saya tidak meLihat dan merasakan Langsung perkembangan pembangunan di bumi Lampung, tetapi saya ingin sepuLang dari menuntut iLmu di Yogyakarta, saya meLihat dan merasakan pembangunan di tanah keLahiranku..
inget ya bapak-bapak / abah-abah / abang-abang / kiyai-kiyai / mas-mas,,, waLaupun berbeda-beda kita tetap satu Jua..
Kan para pendahuLu kita teLah bersumpah daLam Sumpah PaLapa, Jadi Jangan cuma mementingkan egois sentris kita, LaLu kita berbuat anarkis yang dapat menunda pembangunan di Bumi Lampung..
Argumen aku :
WaLaupun biasanya CaLon yang diusung dari partai yang Agamis dan NasionaLis menang, tetapi itu kan tidak seLaLu. Karena para caLon memiLiki karakter yang berbeda-beda dan kuLtur daerah pemiLihan berbeda.!!!
Jaman duLu dan Jaman sekarang tuh berbeda, Jadi waLaupun duLunya dia anti feodaLisme, kapitaLisme dan KKN beLum tentu sekarang masih seperti itu.!!!
Maaf Jika pesan saya tidak memberikan Jawaban atau penyeLesaian tentang diLematis PiLkada di bumi Lampung, karena saya tidak mau dikatakan tim sukses dan setiap warga negara memiLiki kebebasan daLam menentukan piLihan siapa Pemimpin daerahnya..
Tetapi saya bukan goLput, karena saya berpendapat setiap suara piLih menentukan keberLangsungan pembangunan Propinsi Lampung ke arah depan atau bisa dikatakan saya anti goLput..
SaLam damai dibumi dan MERDEKA..!!
“Life for freedom die weLL”
22 July, 2008, 16:39 |
ternyata banyak ya orang lampung yg belajar di luar lampung tapi masih peduli dengan kondisi lampung… huih.. hebat… ayo muncul ke permukaan dong orang2 ini… jangan kalah dengan orang lampung yg dibesarkan penuh di lampung… hehehe..
24 July, 2008, 9:41 |
Mengutip tulisan diatas “Zul-Yanto bisa kayak Hade? Jauuuuuuuuuuuuuh?”
24 July, 2008, 9:44 |
Mengutip tulisan diatas “Zul-Yanto bisa kayak Hade? Jauuuuuuuuuuuuuh?”
Menurutku calon gubernur yang akan bersaing ketat adalah : Syahrudin ZP dan Alzier Tabrani
Sukses pilkada lampung
24 July, 2008, 13:54 |
zulyanto memang tidak mirip Hade. Tapi kemungkinan menang bisa milik siapapun yg mau usaha dan serius serta ndak ngibulin rakyat.
24 July, 2008, 13:59 |
kalo alzier, mau jadi bupati lamsel….. diciduk polisi. mau jadi gubernur lampung…..eh….diciduk lagi. sekarang mau ngapain ya.
24 July, 2008, 21:28 |
joel, joel… jadi kau dukung zulyanto ya. ya ngomong geh.
28 July, 2008, 15:54 |
bener banget kalo pilkada dengan sebegitu banyak calon,gua jadi heran aja kenapa semua orang merasa yang paling pantas memimpin lampung, tapi is ok yang penting semua fihak harus mengedepankan akal sehat, jangan sampai pilkada malah membuat lampung kita yang tercinta menjadi kacau…..
29 July, 2008, 0:16 |
ehem..ehem…sekarang ini banyak yang serba bingung tapi tetep ada jalan keluar, untuk orang yang optimis, sekalipun calon gube kita demikian adanya, tentu kita harus pinter dan cerdas memilih bukan celingak-celinguk..ambil air putih..tarik nafas dalam-dalam biar dada lapang..pikiran jernih, (kecuali yang terkontaminasi)pilih dengan hati nurani..
kita masih bisa memilih calon yang paling sedikit kekurangannya..habis mau yang ‘perfect” nunggu sampe kiamat?…bangkit lampung … dari propinsi yang termiskin ke 2, dari daerah penghasil oknum kriminal, dari moral yang buruk..
khahap pun sai manfaat…
31 July, 2008, 11:10 |
Tujuh Cagub Lampung, bikin rakyat bingung memilih. Mau pilih yang terbaik kayaknya juga gak ada. Kita lihat aja hasilnya…setuju mas !!
1 August, 2008, 1:03 |
Salam Beringin Merah…!
BERANI BERSATU untuk INDONESIA
sekian banyak cagub&CAWAGUB bikim masyarakat Lampung Bingung…
KENAPA… Kok GAK BERANI BERSATU gaoh…..
contohne… Sjachrodein Gubernurnya Alzier Wakilnya…
Kan PATEN …yuuuuuuuuuu
9 August, 2008, 17:41 |
pilkada lampung dengan 7calon nya,,membuktikan bahwa di lampung tuh banyak banget yang ngerasa bisa memimpin tanpa mempedulikan TRack record masing-masing sebelumnya.berhasilkah mereka sebelumnya???.masyarakat harus dapat menggunakan hak pilih sebail-baiknya.gubernur bagus,lampung maju.
12 August, 2008, 7:16 |
Besokkan pas milih gubernur, kita lagi pada puasa tuuuh.., jadi waktu solat taraweh jangan lupa doain lampung kita bisa dipilihin pemimpin yang terbaik dari pilihan2 buruk yang ada..
Semoga rakyat lampung bisa lebih sejahtera dan jauh dari kenestapaan..
Dari semuah posting, gw sepakatnya kalo disebut muda2 yak?? Gw mw komen juga tentang Pengalaman&Jiwa muda.
Di pilgub ada 2 tuh yang kayak gitu.. Si ZulYanto dgn Jiran…
toh sekarang kan tren nya anak2 muda memimpin, toh (katanya) 60% penduduk indonesia berumur muda alias antara 15-45. Toh pasangan zul, si mas akhmadi alias mas Yanto umurnya baru kisaran 44tahun. Jadi duet pengalaman dan Jiwa muda.. Paten Euy…
Pengalaman dalam memimpin daerah, bukan memimpin dunia akademisi..yang sebagai penikmat kampus akademiknya…wwiiiih, jorok banget deh uni*a itu sewaktu 2 periode.. APBK g pernah d ekspos, duit kegiatn mahasiswa sering g turun2 dan juga g jelas arah duit2 itu mengalir..
Kalo pasangan jiran ini, yang bikin rusak bagi gw y itu bapak profe***nya itu…, kalo kanda Andi gw suka ama dia en kenal deket tapi sayang banget, kok milih MU untuk jadi kudanya..Itu kuda tua, kanda!!
Selebihnya pasangan tua2 yang menurut gw sih gang berkomponen dan berkompeten… si Alzir dengan udin.. Waah, muka lama asli politikus..
Secara umum, buat yang nantinya kalah, gw mw pesen, jangan sampe kayak mantan calon bupati yang kalah dijawa kemaren itu.. Kalah, Berantakan, dan GILA!!
Ati2 Yak!!
Semoga Allah, mudahin kita ngelewatin ini tanpa huru-hara kayak Malut.. amin..
23 August, 2008, 15:29 |
:capek: Saya gak tau persis semua calon yang ada…tapi saya kenal Andi Arief dari SMP s/d SMA…bahkan sekelas…..mudah2an rakyat Lampung gak salah pilih….karena saya gak kut milih….di jakarta nih…
26 August, 2008, 11:24 |
hahahaaa…. gw juga ga setuju klo zul-yanto disamain ama HaDe di jabar…
Karakteristik masyarakat jabar n’ lampung itu beda. Trus, karakteristik kandidatnya juga beda.
Tapi gini… pas beberapa waktu lalu gw mudik ke lampung.. gw tanya sana sini ama temen2 n’ masyarakat lampung ttg pilgub lampung… hasilnya… :
kebanyakan masyarakat ga suka dg incumben… lampung kan gini2 aja tuh.. yang maningkat mana..? cuma ngubuat menara siger doank…? terus, pendidikan, kesejahtraan, kesehatannnya gimana tuh?
klo bang alzier, masyarakat banyak yang ga percaya… janjinya terlalu besar sih… kuatirnya malahan omdo (omong doang)
kanda Andy ahmad, masih mending lah.. tapi isu2 miring terus menerpa kandidat yang satu ini.. Klo kata gw sih, peluangnya kecil
Nah, untuk zul-yanto… kebanyakan masyarakat cuma belom tau doank… hasil ngobrol2 ama temen2, kebanyakan orang pada percaya ama citra PKS yang bersih…
(sorry, calon yang laen gw lupa)
nah,,, gw sih berharap, jangan ampe pilgub ini berakhir ricuh… orang lampung dewasa dikit lah…
terus, klo udah jadi gubernur,,, harus ngerealisasiin janji2nya…
salam semangat…! ^_^
30 August, 2008, 8:34 |
Ass, selamat pagi semua
Boleh ikutan comment;
Buat kita semua, siapapun pilihan kita, siapapun jago kita, pilihlah dengan hati nurani, jangan terpengaruh dengan siapapun.
Karena pilihan kita, akan menentukan Lampung ke depan.
:berdoa: mintalah dengan yang kuasa, Insya ALLAH yang terbaik, jujur & lurus akan ALLAH tunjukkan pada kita.
Siapapun yang jadi pemenang nanti, kita mesti hargai, kita mesti dukung dan kita mesti hormati keputusan rakyat, karena ALLAH sudah tentukan yang terbaik untuk kita semua.
Selamat & sukses Pilkada Lampung.
Selamat & suksee untuk kita semua.
30 August, 2008, 18:24 |
saya kalau ada di lampung pasti milih andy ahmad SJ, jelas bagus kerjanya selama jadi bupati lamteng selama 2 periode
30 August, 2008, 18:26 |
sory banget pak andy saya gak di lampung, tapi seluruh keluarga saya saya yakinkan melalui telp dan sms untuk milih pak andy. selamat pak andy anda pasti menang dan meeeeenjadi pemimpin yang amanah
31 August, 2008, 10:28 |
Sjachrodein Gubernurnya Alzier Wakilnya……setuju gw dengan hendra si pakar lampung…dari pada cape mikirin..:capek:
31 August, 2008, 19:22 |
tanggal 3 nanti mari kita pilih diantara 7 telur busuk
kalau aku pilih nomor 8
31 August, 2008, 21:11 |
kalau secara teoritis yaa prof.muhajir tentunya,tapi andy arif ..aku nggak jelas visinya…trus kempennya nggak optimal…tapi kalau liat liat dari segi wakilnya..yaa tentu bambang sudibyo atau akhmadi..tapi kalau bang alzier kasih bank garansi untuk kita kita yg pns…saya yakin dia bisa menang telak..kan sebenarnya partai yang paling kuat di indonesia ini partai birokrasi….mesinnya pasti ngebut …melaju kencang
31 August, 2008, 21:15 |
indai kanca munyanak muari seunyinni tengisko lehotku….dang sampai tanoh ram ji jadi kerajaan….ganti pai sai jadi pemimpin …supaya wat kesempatan sai geggoh disapa juga….setuju…!!!
31 August, 2008, 21:18 |
Bang Alzier …terlepas dari ini dan itu…saya salut atas popularitas anda disini…fenomenal dan penuh kejutan…saya sarankan anda maju dikancah nasional…potensi itu ada pada anda….
5 September, 2008, 17:29 |
:ketawa: Hasilnya udah bisa dibaca
6 September, 2008, 10:09 |
ternyata apa yang di prediksi semuanya benar,so??????
6 September, 2008, 11:33 |
Buya sikam ji pak… Cak mak dinyana nyana hasil ne ji… Andah ni biyas sekilo khua khilo, masyarakat so salah pilih. Kantu payu… Kakalau wat perubahan kak dinana., (pd ngerti gak sh?)